Spesifikasi Tenda N-301 Wireless Router
Berikut adalah spesifikasi Tenda N301 Wireless router yang saya dapat dari situs resminya http://www.tenda.cn/uk/product/N301.html

Hardware:
  • Standard&Protocol: IEEE 802.3/3U IEEE 802.11n/g/b
  • Interface: 1 10/100Mbps WAN Port;3 10/100Mbps LAN Ports
  • Antenna: 2 fixed 5dbi Omni Directional antenas
  • Button: 1 Reset/WPS Button
  • Dimension: 127.4mm*90.5mm*26mm (L*W*H)
  • Internet Connection Type: Dynamic IP、PPPOE、Static IP、L2TP、PPTP
Wireless:
  • Wireless Link Rate: IEEE 802.11n: up to 300Mbps;IEEE 802.11g: up to 54Mbps;IEEE 802.11b: up to 11Mbps
  • Frequency Range: 2.412GHz-2.472GHz
  • Wireless Function: Enable/Disable Wireless Radio;Wireless Access Control
Software:
  • Wrieless Security: 64/128bit WEP;WPA-PSK;WPA2-PSK;WPS support
  • DHCP Server: Built-in DHCP server;DHCP Client List;Address Reservation
  • Virtual Server: Port Forwarding;DMZ Host
  • Dynamic DNS: No-IP;dyndns
  • VPN Pass-Through: PPTP;L2TP
Other:
  • Working Mode: Universal Repeater;AP;WISP;WDS Bridge
  • Reception Sensitivity: b mode:1M -92dBm@8% 11M -87dBm@8% PER;g mode:54M -72dBm@8% PER;n mode:72.2M -68dBm@8% PER; 150M -68dBm@8% PER
  • Parental Control: Client Filter;Mac Filter;Websites Filter
  • Other: Bandwidth Control;Mac Address Clone;Remote Web Management;System Log
  • Package Content: Wireless N300 Easy Setup Router N301;Quick Installation Guide;Ethernet cable;Power adapter;Resources CD
  • Environment: Operating Temperature: 0℃~40℃;Storage Temperature: -40℃~70℃;Operating Humidity: 10%~90% non-condensing;Storage Humidity: 5%~90% non-condensing
  • Certification: FCC, CE,RoHs
Review Penulis
Beberapa waktu lalu saya membeli tenda n301 wireless router dari salah satu situs online shop, tidak hanya karna diskon dan harga yang ditawarkan murah (saat itu Rp. 175.000) tetapi juga karna kebetulan memang lagi butuh untuk membuat hotspot pribadi di rumah sekaligus "kelinci percobaan" untuk ngulik-ngulik wireless router.

Spesifikasi VS Harga
Spesifikasi cukup lengkap dengan harga yang murah bahkan lebih murah dengan merek lain dengan spesifikasi mirip. Fitur yang ditawarkan dan desain yang elegan membuat saya mempertimbangkan untuk memiliki perangkat ini. Masalah kualitas sementara saya abaikan karna kalau sebelum membeli tentu agak sulit menilai mengenai kualitasi, yang dilihat pertama bagi saya sebelum membeli spesifikasi dan fitur baru merk. Untuk masalah harga gak terlalu penting, yang penting murah *loh

Fisik
Fisik ringan, mungil dan elegan sehingga tidak terlihat kaku kalau dibiarkan mejeng di atas meja. Dari sisi fisik saya rasa tenda n301 ini memang sengaja khusus untuk disimpan diatas meja karena dibagian belakang (bawah) tidak ada lubang untuk mengkaitkan dengan paku (tidak bisa dipasang didinding).

Kelengkapan
Kelengkapan yang didapatkan ketika saya membeli perangkat ini yaitu: wireless router, power DC adaptor, CD manual book, kabel lan. 

Instalasi dan Konfigurasi
Seperti wireless router lainnya, tenda n301 ini tidak memerlukan software atau driver khusus. kita tinggal akses IP Address yang tertera dibagian bawah wireless router, standardnya : 192.168.0.1 dengan password "admin" tetapi nanti kita bisa mengubahnya.
Untuk konfigurasi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan kita mau dibuat apa wireless routernya, apakah dijadikan Wireless Extender / Repeater, Access Point atau Router (yang saya ketahui 3 fungsi utama itu). Langkah-langkah konfigurasi secara umum hampir sama dengan wireless router lainnya, hanya sedikit berbeda di interface saja.

Fungsi
Pertama, kita bisa membuat access point dengan membagi jaringan internet yang berasal dari LAN melalui jalur WAN yang ada di port belakang yang selanjutnya di-share melalui sinyal wireless. nama dan password wifi / hotspot / SSID bisa diatur sesuai keinginan.
Kedua, kita juga bisa menjadikan tenda n-301 ini menjadi wireless extender. misalnya jika diarea kita ada hotspot yang sinyalnya lemah atau mungkin kita menggunakan PC yang tidak memiliki modem wireless nya maka dengan tenda n-301 bisa dijadikan sebagai extender yaitu sebagai penerima sinyal wifi lalu jaringan di share ke 3 jalur LAN yang ada dibagian belakang (berbeda dengan WAN) dan selanjutnya dihubungkan ke LAN PC / laptop kita.
Ketiga, yaitu repeater juga merupakan fungsi yang bermanfaat karena ini secara teknis menggabungkan dua fungsi diatas, yaitu : menerima sekaligus membagikan (share) jaringan internet melalui wireless dari jaringan wireless yang sudah ada. Sederhananya mungkin bisa diistilahkan sebagai "penguat sinyal". Dengan fungsi ini kita sama sekali tidak memerlukan kabel LAN. Kita cukup menempatkan wireless router di tempat yang terjangkau jaringan yang akan di-repeat dengan perangkan kita. Saran saya sinyal wireless yang akan di-repeat tidak kurang dari 50% (terlihat di konfigurasi wireless). Untuk itu simpan ditempat yang strategis.
Keempat, perangkat ini bisa digunakan sebagai router, biasanya fitur ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki aplikasi web di jaringan nya sehingga orang yang mengakses wifi hanya bisa menggunakan jaringan internet dan tidak bisa mengakses aplikasi web tersebut. Fungsi router ini juga otomatis aktif ketika kita menjadikan wireless router sebagai access point karena kelas ip yang di broadcast biasanya berbeda dengan IP jaringan yang di terima via WAN, misalnya IP WAN 192.168.1.123, sedangkan dynamic IP yang di-share oleh wireless defaultnya 192.168.0.100 s.d 192.168.0.105 (bisa diubah).

Untuk tutorial konfigurasi selengkapnya nanti saya akan bahas. Jika menunggu silahkan masukkan e-mail anda di paling bawah halaman ini untuk berlangganan artikel dari saya. Jangan lupa follow blog ini juga.

38 comments:

  1. gan apakah Tenda n301 bisa digunakan untuk merepeat jaringan wifi yg berpassword wpa-psk? kebetulan dirumah paman sy ada jaringan wifi jarak +-20meter

    BalasHapus
  2. Bisa, penjelasan ada diartikel gan

    BalasHapus
  3. Maaf gan ane mau tanya, apa bisa router tenda n301 kita jadikan sebagai reapiter utk penguat sinyal hp ? Soalnya di kampung saya sinyal hp dpt 2 bar itupun hilang timbul.bagai mana klp kita modifikasi dikit dgn menambah antena outdoor seperti antena tahu atau onno dgn ketinggian 10 meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara logika tidak bisa. karna n301 bekerja di freqwensi 2,4G. sedangkan signal HP bekerja di freqwensi 1,8G

      Hapus
  4. Gan mau tanya apa tenda n301 bisa dibuat hotspot dengan instalasi sebagai berikut Komputer PC+ModemGSM -- sharing -- kabel lan yg terhubung Tenda N301 kalau bisa setingannya gimana ? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa. Default gateway nya ubah ke ip komputer yg dishare internet. Terus di komputernya pastikan di konfig biar internetnya bisa di share.kdng hrus matiin firewall.

      Hapus
    2. Harusnya bisa. Default gateway nya ubah ke ip komputer yg dishare internet. Terus di komputernya pastikan di konfig biar internetnya bisa di share.kdng hrus matiin firewall.

      Hapus
  5. mohon bantuan bapak...
    saya pun ya n301,,dan supaya bisa jadi repeater wifi rumah yg berpasword..mohon step stepnya pak,terimakasih sebelumnya..
    mohon email ke dedik.langgengjayamandiri@gmail.com

    BalasHapus
  6. Saya pakai tenda n301 utk ambil dari AP wifi jarak -+ 300 m memang klo di scan kita dapat sinyal yang bagus di angka 73 dan dngan ketinggian 10 m didalam rumah pemakaian adapter dikabel m diodif dengan kabel utp, memang pada awalnya saat pertama kali pakai tenda selama seminggu sinyalnya stabil, pengaturan menggunakan ip statistik sebagai client dan ap (dua fungsi jadi satu) memasuki minggu kedua permasalahan mulai muncul wifi tenda utk penangkapan sinyalnya sering drop meskipun sinyal utk fungsi ap pada tenda tetap 5 bar, dan tentu ini menjengkelkan, setelah berkali2 saya reboot masih juga belum connect ke ap utama, padahal di scan sinyal muncul antara 68-73 baru setelah di matikan selama bebarapa menit sinyal kembali normal, tapi selang dua jam kemudian permasalahn kembali terjadi, memang klo secara hitungan hrga tergolong murah tapi tentu produk yg murah juga berpengaruh ke kualitas yg akhirnya jadi permasalahan tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat mau beli jenis Tenda N 301 karena tadinya salah beli router mikrotik yang belum support AP,eh Pas komennya miftah ulum jadi pikir ulang.Kayaknya mending aku upgrade Router saya ke level 4 alias beli lisensi :-?

      Hapus
    2. itu bisa jadi adapter 9 voltnya udah drop, jadi arus tidak maksimal

      Hapus
    3. itu bisa jadi adapter 9 voltnya udah drop, jadi arus tidak maksimal

      Hapus
  7. Gan apa bisa tenda n301 di gabungkan denhan AP outdor.jadi ap outdor untuk nembak wifi dan tenda menyebarkan kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibuat repeater

      Hapus
    2. Sya pake tenda n301 jg cukup lama, kalo urusan repeter tenda n301 emang pilihan yang pas buat jarak 80 meter kebawah. Apa lagi ada fitur wisp dan banwith control.

      Hapus
    3. Narik kabel dari ap utama ke tenda n301 jarak 68m k rumah bisa gak....mo coba

      Hapus
  8. Gan kalo misalkan saya pake Tenda N301 terus mau jadiin repeater ,tapi router utamanya pake jenis router yang beda ,tplink misalnya kira kira bisa gak ..?

    BalasHapus
  9. Mohon jika ada yg pny bekas adaptor tenda n301... saya mau bli.

    BalasHapus
  10. Jarak pancarannya brapa gan log sebagai reapeater

    BalasHapus
  11. Gan tenda n301 ini bisa buat bobol wifi gag ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2018 mas msa msh bobol bobolan wifi orng..wkwkwk

      Hapus
  12. tp link outdoor sebagai AP dihubungkan dengan tenda 301 sbg repeater bisa nda?

    TP link 5210 >> tenda 301 >> hp + laptop ??

    BalasHapus
  13. Rumah dan kios sy jarak 20m kira" klu sy pasang alat ini di kios bs nangkap dan membagikan di sekitar kios.. tlng infonya

    BalasHapus
  14. Pencerahan nya Tenda N301 cangkup 200M ????

    mohon jawaban nya

    BalasHapus
  15. Untuk yang tanya tanya tentang tembak wifi jarak jauh pakai tenda n301.
    Tenda n301 ini jenis router rumahan jadi hanya bisa nangkep beberapa meter

    Kalau nangkep sinyal jauh bisa digabung dengan tenda 03 atau AP outdoor lainnya

    BalasHapus
  16. maksimal brp client bisa konek ke AP tenda ini ???

    BalasHapus
  17. Mau tanya gan knpa pakek n301 yg conek cuma 4 hp

    BalasHapus
  18. Mau tnya di tempat saya sinyal slemah bgt.. apakah bisa pake itu. Sinyal jadi kuat..

    BalasHapus
  19. Bisa mnampung brpa client boz...

    BalasHapus
  20. Mau tanya gan tenda m301 untuk tembak wifi id dengan jarak 700 meter bisa nggak

    BalasHapus
  21. gan brp jarak maksimalnya untuk tembak wifi?

    BalasHapus
  22. AP utama n301,mau tarik cable LAN ke client jarak 80m berapa persen hasilnya bos 🙏

    BalasHapus
  23. Sya beli tendan301 tapi pas dinyalakan sinyal wifi dr tenda ngga muncul, jdi hha bisa masuk untuk smengatur itu kenapa? Mohon sulusinya

    BalasHapus
  24. Gk jadi nanyak udah banyak yg nanyak

    BalasHapus

Terimakasih dan jangan sungkan untuk berdiskusi atau memberikan saran di kolom komentar.

 
Top