BAB I
PENDAHULUAN

1.1 . LATAR BELAKANG
Di jaman sekarang ini, perkembangan teknologi terjadi sangat cepat dan pesat, hingga orang menyebutnya jaman informasi dan teknologi. Dari mulai teknologi gadget, alat komunikasi hingga komputer. Seiring dengan perkembangannya itu, kegunaan dan pemanfaatan teknologi khususnya komputer pun lebih berkembang dan bervariatif. Komputer tidak hanya untuk perhitungan angka-angka saja tetapi digunakan sebagai pengolahan dan tempat penyimpanan data dalam jumlah yang besar. Komputer tidak hanya dimiliki orang-orang tertentu saja, tetapi komputer juga bisa dimiliki oleh semua orang karena kegunaan komputer yang variatif.
Komputer sangat berperan penting dalam kehidupan manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya. Dengan komputer orang bisa berkomunikasi, mendapatkan informasi, melakukan pengarsipan data, merancang desain dan lain sebagainya. Hampir semua profesi di berbagai bidang  sangat membutuhkan teknologi komputer.
Komputer mampu menyelesaikan beberapa permasalahan dalam pekerjaan yaitu diantaranya: kecepatan, ketepatan, keakuratan, kapasitas. Sebagai contoh kasus pada sebuah sekolah yaitu:
Proses pendataan (penginputan) data siswa dan data nilai akan lebih cepat dengan menggunakan komputer daripada dengan cara manual (ditulis tangan atau ditik dengan mesin tik) karena komputer memiliki kemampuan penulisan, pengeditan dan penghapusan yang lebih cepat entah itu ke dalam bentuk fisik (kertas) atau pun dalam bentuk softcopy (file/database).
Proses penghitungan nilai siswa yang membutuhkan keakuratan akan lebih akurat dengan menggunakan komputer daripada kalkulator karena komputer mampu melakukan seluruh operasi matematika dan memiliki kemampuan penghitungan otomatis.
Proses penyimpanan atau pengarsipan data dengan menggunakan komputer selain lebih cepat dalam mengakses juga lebih besar kapasitas penyimpanan data dengan penggunaan ruang (fisik) yang sangat kecil dari pada penyimpanan arsip dalam bentuk kertas yang membutuhkan ruang yang besar seperti map, lemari bahkan gudang arsip karena dalam komputer data yang disimpan berupa elektronik.


Proses pencarian atau pengaksesan data dengan menggunakan komputer akan semakin cepat dan tepat dengan yang diinginkan dibandingkan dengan cara manual yang melakukan pencarian data dengan data-data yang tersimpan sangat banyak maka butuh banyak waktu yang diperlukan.
Dengan munculnya komputer beserta program aplikasi office nya beberapa permasalahan diatas bisa diatasi. Tetapi semakin berkembangnya kebutuhan manusia maka aplikasi yang tidak khusus seperti office yang bisa digunakan dan diakses oleh semua orang serta kebutuhan akan penyimpanan yang besar dan aman maka dibutuhkan suatu perangkat lunak yang khusus untuk melakukan pekerjaan khusus seperti pengolah data siswa.
1.2 PERMASALAHAN
Pada judul latarbelakang sebelumnya telah disebutkan beberapa fenomena permasalahan yang terjadi di era teknologi informasi ini. Bahwa banyak sekali permasalahan dalam pekerjaan bisa dibantu bahkan diselesaikan dengan teknologi komputer. Permasalah tersebut kemudian berkembang kea rah yang lebih khusus dan spesifik hingga membutuhkan suatu progam aplikasi atau perangkat lunak yang memiliki kegunaan yang khusus pula. Sebagai contoh perangkat lunak untuk pengolahan data siswa pada sekolah MAN Cililin dibutuhkan suatu perangkat lunak khusus. Perangkat lunak khusus itu harus memiliki karakter khusus dalam pengolahan data :
Mudah digunakan
Program harus berbasis visual (interface/antarmuka) agar pengguna mudah mengerti cara mengoperasikan program tersebut.
Membangkitkan semangat kerja
Selain mudah program berbasis interface juga mampu mempengaruhi psikologi dari pengguna bisa karena pemilihan warna dan desain. Dengan penggunaan interface yang tepat maka bisa menimbulkan efek yang bermanfaat yaitu membangkitkan semangat kerja serta tidak membuat jenuh.
Cepat dan tepat
Melakukan pengolahan data-data siswa secara cepat karena mampu menseleksi data-data yang diperlukan dan data-data yang tidak diperlukan.
Perhitungan Akurat
Perhitungan nilai siswa yang akurat dan cepat karena dilakukan secara otomatis oleh program ini. Pengguna hanya menginputkan nilai yang akan disimpan atau nilai yang akan dicari dan proses perhitungan dan pencarian akan dilakukan secara otomatis.
Penyimpanan data yang aman
Penyimpanan dalam bentuk file ternyata bisa mengusik keamanan dari data entah itu serangan virus atau kemampuan orang lain mengaksesnya. Dengan menggunakan database, maka data-data yang tersimpan akan terjaga dari pengguna lain yang tidak memiliki hak, misalnya siswa tidak bisa mengedit atau mengubah nilai yang telah disimpan dalam sistem komputer. Setiap pengguna memiliki hak akses masing-masing dalam pengolahan data.
1.3 TUJUAN
Perangkat lunak “Program pengolah data siswa MAN Cililin” bertujuan membantu para wali kelas, guru mata pelajaran serta bagian akademik dalam mengolah serta mendapatkan data dan informasi tentang data siswa dan data nilai siswa.
1.4 RUANG LINGKUP
Ruang lingkup proses perangkat lunak ini yaitu:
Input data
Perhitungan nilai rapor
Pencarian data
Pencetakan data
Pengguna perangkat lunak ini:
Wali kelas
Guru matapelajaran
Bagian akademik
Objek atau data yang disimpan dan diolah:
Data siswa
Data nilai siswa


BAB II
ANALISIS DAN PERANCANGAN

3.1 Analisis Sistem
Tahap ini saya melakukan identifikasi permasalahan, kebutuhan sehingga nanti perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan.
Analisa sistem yaitu  suatu proses penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponen dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi  permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
a. Penginputan data siswa
Walikelas melakukan pendataan siswa
Walikelas melakukan penginputan data dari siswa-siswanya kedalam system melalui komputer yang didalamnya terdapat perangkat lunak pengolah data siswa yang berada diruang kerjanya.
Dilakukan setiap tahun ajaran baru

b. Penginputan data nilai
Nilai didapatkan dari hasil evaluasi belajar siswa
Guru matapelajaran melakukan input nilai ke sistem atau database melalui komputer diruang kerjanya dengan perangkat lunak yang khusus untuk guru matapelajaran.
Dilakukan setelah siswa melakukan evaluasi belajar (Tugas, Ujian blok, ujian akhis semester)
c. Pengolahan data user
Dilakukan oleh bagian akademik untuk menentukan hak akses program pengolah data siswa dan program pengolah data nilai
Bagian akademik berhak mengetahui seluruh isi data baik itu data siswa ataupun data nilai siswa.
3.2 Identifikasi Kebutuhan Pemakai
a.i.a. Walikelas bisa menyimpan data siswa-siswa nya kedalam database
a.i.b. Walikelas bisa mendapatkan informasi data siswa beserta nilai tugas, ujian blok, UAS dan Nilai rapor dari database tetapi tidak berhak mengubah nilai tersebut.
a.i.c. Guru matapelajaran bisa menyimpan data nilai sesuai dengan matapelajaran yang dipengngnya dan hasil evaluasi siswa yang telah didaftarkan oleh wali kelas tetapi tidak bisa mengubah data siswa tersebut.
a.i.d. Guru matapelajaran mendapat informasi siswa berupa nomor induk siswa dan nama siswa serta informasi data nilai Tugas, Ujian Blok, UAS dan Nilai Rapor.
a.i.e. Bagian akademik mendapatkan informasi dari data siswa dan data nilai seluruh siswa.
a.i.f. Bagian akademik yang menentukan hak akses pengguna (user) disesuaikan dengan guru dan jabatannya (wali kelas atau guru matapelajaran).

3.3 Analisis Kebutuhan Sistem
Sistem yang dibutuhkan dalam perangkat lunak Pengolah Data Nilai Siswa ini yaitu minimal:
Sistem Unit Komputer Intel pentium 4 berjumlah 3 unit
Monitor Resolusi 1024x780 pixel
Jaringan LAN

3.4 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan:
Perangkat lunak untuk mengolah data siswa yang akan digunakan oleh walikelas
Perangkat lunak untuk mengolah data nilai yang akan digunakan oleh guru matapelajaran
Perangkat lunak untuk mengolah pengguna digunakan oleh bagian akademik
MySQL versi 5.1 digunakan untuk menyimpan seluruh data yang terkait
Sistem Operasi (minimal windows XP) digunakan untuk menjalankan tiga perangkat lunak data nilai siswa tersebut.
MySQL connector ODBC digunakan untuk mengkoneksikan perangkat lunak pengolah data nilai siswa dengan database.

3.5 Pemodelan Fungsional
3.5.1 Tool
Tool yang akan digunakan dalam pembuatan perangkat lunak:
Bahasa pemrograman: Basic
Compiler: Microsoft Visual Basic 6 ® Profesional
DBMS: MySQL 5.1
Design tool: Microsoft Visio 2007

3.5.2 Diagram Konteks (Level 0)


3.5.3 Data Diagram Flow (DFD) Level 1


3.5.4 ERD (Entity Relationship Diagram)

3.5.5 Flow Chart



3.5.6 Tampilan Form-form Perangkat Lunak Pengolah Data Siswa






3.5.7 Tampilan Form – form Perangkat Lunak Pengolah Data Nilai








3.5.8 Tampilan Form-form Admin Akademik







BAB III
KESIMPULAN
Perangkat lunak pengolah data nilai siswa merupakan perangkat lunak yang terdiri dari tiga program yaitu program pengolah data siswa, program pengolah data nilai dan program pengolah user. Program pengolah data siswa digunakan oleh walikelas untuk mengolah seluruh data siswa kelasnya. Program pengolah data nilai digunakan oleh guru matapelajaran untuk mengolah data nilai siswa matapelajaran tertentu. Program pengolah user digunakan oleh admin akademik untuk menentukan pengguna yang berhak menggunakan program pengolah data siswa dan pengolah data nilai serta memperoleh seluruh informasi data.
Dengan dibuatkannya perangkat lunak ini banyak terjadi perubahan yaitu:
Pengolahan data dilakukan dengan cepat
Keamanan data karena tidak sembarangan orang bisa mengakses dan mengolah data.
Meningkatnya mutu kinerja dari para guru di sekolah tersebut
Perhitungan nilai yang akurat
Perangkat lunak yang dibuat merupakan prototype yang bisa dikembangkan menjadi sebuah perangkat lunak yang kokoh dan bisa berjalan pada sistem yang direncanakan. Database belum teruji aman dari para hacker dan kerusakan fisik. Sistem yang digunakan masih dalam lingkup jaringan local sehingga perangkat lunak hanya bisa digunakan pada jaringan sekolah dan tidak bisa dilakukan diluar.









DAFTAR PUSTAKA

Sadeli, Muhammad. 2008. Aplikasi database dengan Visual basic 6.0 untuk orang awam, Palembang : Maxicom.
Harpiandi.2004. Belajar sendiri pemrograman database dengan ADO menggunakan Visual Basic 6.0. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Alam, M. Agus J. 2000. Manajemen database dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Putra, Rahmat. 2005. The Best Source Code Visual Basic. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
http://www.edisusanto.com
http://en.allexperts.com/q/Visual-Basic-1048/
http://www.timesheetsmts.com/
http://www.vb6.us
http://www.vbjadul.com/
http://www.vbtutor.net/vbtutor.html
http://support.microsoft.com/


2 comments:

  1. software pengolah nilai gratis untuk anda guru2 yang mungkin kesulitan dalam mengolah data nilai di akhir semester. software kami merupakan sistem informasi sekolah untuk mengolah data2 sekolah. tapi untuk bagian pengolah nilainya kami siapkan gratis untuk anda. berikut demo software kami :
    http://demo.sd.sinfoko.com/
    username : petugas
    password : 123

    BalasHapus
  2. kok webnya gk bisa dibuka

    BalasHapus

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top