Bekerja pada perusahaan yang bonafit tentu menjadi idaman setiap orang yang ingin memiliki pekerjaan tetap. Sebagian orang mungkin akan membidik perusahaan-perusahaan besar yang terlihat sudah "mapan" dengan asumsi bahwa orang yang bekerja disana maka kebutuhan hidupnya terjamin. Sebagian lainnya mungkin memilih perusahaan yang memiliki karyawan cukup banyak atau bisa memeberikan gaji yang sesuai dengan harapan kita. Tapi banyak orang terutama yang memulai karir tidak melihat keuntungan lain yang akan diperoleh selain dari sisi materi saja. Bagi saya sebagai orang yg memulai karir justru lebih memepertimbangkan hal tersebut. Maka dari itu saya lebih memilih perusahaan berkembang dibanding perusahaan mapan. Kenapa? Berikut saya rangkum 5 keuntungan bekerja di perusahaan berkembang.

1. Belajar Dari Awal

Tidak semua perusahaan menerima pegawai dengan skill yang pas-pasan. Banyak perusahaan-perusahaan mapan justru memilih calon pegawai yg memiliki pengalaman atau kemampuan yang sudah tergolong ahli di bidang tertentu. Perusahaan berkembang atau bahkan start-up itu sebaliknya, justru membuka kesempatan yang luas bagi para calon pegawai yang tidak memiliki cukup pengalaman namun mau belajar meski dari awal. Kesempatan ini tentunya sangat menguntungkan bagi kita yang baru akan memulai karir. Tinggal bermodalkan kemauan untuk belajar tak menutup kemungkinan anda akan menjadi seorang profesional meski sebelumnya anda kurang menguasai bidang anda sendiri.

2. Jenjang Karir Terbuka Lebar

Jenjang karir sangat terbuka lebar jika kita bekerja di perusahaan berkembang. Disertai kerja keras, kemauan belajar, loyal, karir kita akan berkembang pesat sepesat perkembangan perusahaan. Perusahan berkembang juga biasanya memiliki struktur organisasi / manajemen yang masih sederhana dan tidak terlalu kompleks dan tak menutup kemungkinan beriring berkembangnya perusahaan maka berkembang juga struktur manajemen di perusahaan tersebut. Sehingga bisa jadi akan banyak posisi-posisi baru dimana anda yang sudah bekerja memiliki kesempatan untuk menempati posisi tersebut atau bisa dibilang "naik jabatan". Peluang tersebut lebih terbuka lebar jika anda bekerja di perusahaan berkembang ketimbang perusahaan mapan yang cenderung stabil (tidak banyak perubahan struktur manajemen).

3. Pengalaman Baru

Kita bekerja di perusahaan berkembang atau mapan tentu akan mendapatkan pengalaman baru. Tapi ada pengalaman lebih yang bisa kita dapatkan jika bekerja diperusahaan berkembang. Kelak kita bisa menjadi saksi atau bahkan pelaku dari orang yang berperan pada perkembangan perusahaan. Pengalaman tidak hanya untuk kemampuan di bidang yang kita tekuni saja tetapi kita juga bisa mendapatkan pengalaman bagaimana membangun dan mengembangkan perusahaan. Dengan pengalaman tersebut maka kita akan  mendapat banyak ilmu juga menambah nilai pada diri kita sehingga perusahaan juga akan menjadikan anda sebagai aset yang berharga.

4. Bekerja Sebagai Tim

Mungkin konsep team / teamwork sendiri diterapkan juga di perusahan besar yang sudah mapan, tetapi jika perusahaan tersebut sudah memiliki ratusan atau bahkan ribuan pegawai tentu berbeda dengan perusahaan berkembang yang biasanya tidak sampai ribuan. Artinya dengan jumlah yang sedikit tersebut tentu bisa lebih kompak karena hubungan antar pegawai lebih dekat dan akrab. Ini juga membuka peluang bagi kita yang memiliki leadership (kepemimpinan) yang bagus. Tidak harus selalu untuk menjadi pemimpin, setidaknya dengan sifat kepemimpinan maka anda akan disegani, dihargai dan disukai baik oleh rekan kerja maupun perusahaan itu sendiri.

5. Keterbukaan‎ Ide dan Informasi


Perusahaan berkembang juga cenderung lebih terbuka baik itu mengenai ide, gagasan, bahkan informasi lain tentang perusahaan yang di sebagian perusahaan besar itu dirahasiakan dan hanya diketahui orang-orang tertentu. Dengan keterbukaan ide kita bisa mengemukanan ide dan pendapat untuk kebaikan perusahaan baik ide mengenai teknis pekerjaan maupun strategis, biasanya para leader di perusahaan berkembang leboh terbuka dan akan sangat mengapresiasi ide atau gagasaan yang bisa menunjang perkembangan perusahaan. Selain itu juga informasi mengenai perusahaan biasanya terbuka untuk semua kalangan misalnya mengenai proyek baru, waktu proyek bahkan hingga nominal proyek. Tetapi meski pihak manajeman perusahaan terbuka kepada semua orang yang ada diperusahaan, tentu kita tetap menjaga kerahasiaan perusahaan terhadap pihak luar apa lagi jika kita masih level staf dan informasi tersebut sensitif. Ini juga sebagai bentuk etika yang harus dijaga oleh kita sebagai bagian dari perusahaan.



Sekian beberapa penjelasan dari saya. Ini juga merupakan salah satu bentuk berbagi pengalaman tidak hanya yang saya alami tetapi juga beberapa pengalaman teman. Semoga bermanfaat terutama bagi yang ingin memulai karir. Tetapi dari kelebihan yang saya rangkum tersebut tentu ada juga kekurangannya. Mungkin dilain waktu saya coba bahas untuk kekurangannya. Jika mau mengomentari silahkan jangan radu untuk mengisi komentar dibawah. Bagi yang punya akun google silahkan bergabung dengan teman-teman blogger saya. Dengan klik tombol follow blog ini di bawah.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top