Kali ini saya akan sedikit berbagi pemikiran tentang teknologi dan agama. Mungkin agak filosofis ya. Tapi gak ada salahnya kita berbagi hal yang positif dan hal yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh pembaca. :)
Melihat dari judul postingan kali ini "Teknologi dan Akhir Zaman" mungkin kamu berfikir "ah biasa" atau "emang ada hubungannya?" atau "apasihapasihapasih.. *alay :D" atau bilang "wow" sambil jungkalik jungkedang (lih. kamus B. Sunda :D).
Sebelum membaca seluruh posting ini mari sedikit hiburan (hiburan spiritual) lihat video lagu berikut:
Chrisye - Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Atau cuplikan liriknya kurang lebih seperti ini:
"Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lgi

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
.... dst."

Udah sih cuman mau share itu aja. Thanks. :D

EEEEEEEEEEEEEEEiiiiiiiiitsss.. jgn dulu di close.
Suatu pagi saya lg ngotak ngatik BB kebetulan terdengar lagu itu. mungkin sekilas biasa. tp tnpa disadar saya ngikutin lagunya dan tiba2 terlintas dibenak saya ttg isi dari lirik tersebut dengan pemikiran yg sdkit kritis dan filosofis. Dan ternyata kalo dihubungkan dengan Teknologi itu ada hubungannya. Percaya?
* "Enggaaaak!!" 
-_-'
Kita bedah liriknya.
Bait pertama:
1. Tak Ada Suara Dari Mulut Kita
"Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lgi

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita"
Terlintas dalam benak. "Kira2 kyk gimana ya, jaman dgn mulut dikunci dan mulut gak bersuara." lalu terpikirkan lagi. "jaman sekarang?". "iya".
Jaman dengan teknologi yg serba canggih sprti skrng ini membuat sebagian org bisa berkomunikasi tanpa berbicara, bisa berbicara tanpa bersuara. Org disibukkan dengan teknologi komunikasi "chat" atau "social network". Dan enggan mengeluarkan suara sedikitpun dr mulutnya utk menyapa org disekitarnya. bahkan org yg dikenalnya. Sementara saya menyimpulkan "Bait pertama lagu ini menceritakan hari ini. Atau akhir jaman?".

2. Si Tangan Berkata
Lirik ".. Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya..".
Menyambung dari poin ke-1, Teknologi Komunikasi "Chat" / "Social Network". Tau kan kedua teknologi tersebut? oke sebut aja beberapa produknya seperti: BBM, YM, WA, WC *hhihi terus lg social network: FB, TW, Kaskus dll. Silahkan pikirkan kamu menyapa teman kadang2 bukan teman (SKSD *SuKa anak SD :D) di chat pakai mulut atau jari (tangan)?? terus berkicau di social network pakai mulut atau jari (tangan)??
Lagi2 lirik bait kedua dari lagu itu BENAR. dan lagi2  terpikir "Apakah lagu ini menceritakan hari ini?".

3. Kaki: "Saya disini !".
Maksud dari subjudul poin 3 ini yaitu Si Kaki Bisa berbicara. sesuai dengan lirik berikut:

"..Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya.."
Bicara gimana sih?
Oke mungkin kamu bingung atau sedih *hbs diputusin pacar <-- data-blogger-escaped-:d="" data-blogger-escaped-eeh="" data-blogger-escaped-p="" data-blogger-escaped-sori.="">Saya terpikir hari ini kebanyakan orang memiliki gadget/ handheld /handphone /mobile /hape yang tertanam teknologi GPS (Global Positioning System) atau Locator. Teknologi ini bisa ngasih tau server dimana anda berada. Biasanya digunakan untuk mencari tahu posisi anda dan tujuan anda pergi. Lengkapnya baca sendiri link ini aja ya. hhe.
Yap gadget dgn GPS sperti kbanyakan sekarang (BB, Android) yang mana gadget tersebut selalu nempel dr pemiliknya sehingga kemanapun pemiliknya "Berjalan" maka dia memberitahukan "Posisi dimana dia berada" meski ga semua org tau fitur ini, atau mungkin gak nyadar.
Lalu hubungannya dengan kaki bicara?
Pada umumnya manusia "Berjalan" dgn "Kaki" meski ada yg dibantu dgn kendaraan tp tetep pakai kaki. (kecuali yg tdk punya kaki). "Kaki" jg mnjadi simbol pijakan atau langkah manusia. "Kemana" manusia "melangkah" maka dia memberitahukan tentu melalui teknologi GPS pd gadget yg selalu menempel dgn penggunanya "Kemana dia pergi? dikoordinat berapa? didaerah apa? dsb " . Seolah2 si "Kaki" yg melangkah selalu memberikan informasi mengenai posisinya dengan sedikit pergerakan sekalipun.
Lagi2 bait dr lirik lagu ini benar.
Dipikir2 agak merinding juga. karna kejadian2 diatas tersebut sangat mustahil untuk tidak terjadi apa lagi diera Teknologi Informasi sekarang ini.


"Tapi itu hanya sedikit berbagi pemikiran saja. Tentu ada Esensi atau maksud lain dari 3 tiga poin diatas yg lebih tepat sesuai dengan pedoman agama. So jadikan ini hal positif yang menyadarkan kita kalau kita hidup di akhir zaman meski tak pernah ada yang tau kapan Zaman Berakhir. "

Bagaimana Pendapat kamu??Share dibawah ok??

:)

1 comments:

  1. wah bener juga kang, saya baru sadar :)
    makasih kang sudah mengingatkan

    BalasHapus

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top