-->
Abstraksi
Linux didirikan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux merupakan sistem operasi yang open source sehingga memungkinkan siapapun untuk memodifikasi code atau source code nya. Kebanyakan sistem operasi yang berbasis ini dipublikasikan secara gratis salah satunya yang populer yaitu Ubuntu.
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
VMware, Inc. (NYSE: VMW) adalah sebuah perusahaan perangkat lunak virtualisasi Amerika Serikat. VMware, Inc. merupakan pemegang pangsa pasar untuk perangkat lunak virtualisasi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998 dan berpusat di Palo Alto, California.

Langkah-langkah Instalasi

  1. Jalankan program VMware work station atau VMware Player.

  1. Untuk membuat virtual Machines yang baru klik new > pilih Virtual Machine.

  1. Klik next setelah muncul jendela ini:

  1. Pilih Custom agar kita bisa mengatur konfigurasi virtual Machines yang akan dibuat sesuai keinginan.

  1. Selanjutnya pilih Workstation 6 atau versi terbaru agar bisa kompatibel dengan versi sebelumnya.

  1. Pilih OS linux dengan version ubuntu lalu kilk next.

  1. Masukan nama virtual Machines misalnya: Ubuntu 10.10. lalu tentukan lokasi tempat kita menyimpan file Virtual Machines di hardisk.

  1. Selanjutnya pilih jumlah procesor sesuai dengan spek komputer atau laptop yang digunakan. Disini saya pilih satu prosesor.

  1. Tentukan RAM yang akan digunakan saat nanti program atau Virtual Machines dijalankan. Sebaiknya mengikuti yang direkomendasikan VMWare.
  1. Pilih setting untuk jaringan 1) Use Bridged Connection untuk jaringan Peter to peer; 2) Use Address Network Translation (NAT) untuk menggunakan jaringan dial-Up misa dengan ethernet; 3) Use host only connection untuk operasi jaringan privat; 4) Do not use a network connection untuk tidak mengaktifkan jaringan.

11. Sekarang adalah setting Harddisk, untuk membuat partisi harddisk baru klik Create a new virtual machine, jika sudah ada virtual disk klik Use an existing virtual disk, Jika kita ingin koneksi langsung pada harddisk yang dipakai maka klik Use a physical disk.

12. Pada setting Tipe Harddisk, pilihlah SCSI. Karena itu yang direkomendaasikan oleh VMware.

13. Untuk setting Kapasitas Harddisk kita harus memperhitungkan sisa Harddisk dan kebutuhan virtual machine kita. Untuk Allocate all disk space now, sebaiknya jangan dilakukan.

14. Yang terakhir inputkan nama, contoh  : Ubuntu1010.vmdk,  kemudian klik Finish

PROSES PENGINSTALLAN OPERATING SYSTEM :
 Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Masuk ke Virtual Machine kita, kemudian klik CD-ROM IDE pada kotak Hardware. Jika kita ingin menggunakan iso, maka klik Use ISO image.  Jika ingin menggunakan CD, klik Use Physical Drive.

2. Kemudian klik Start this virtual machine untuk memulai virtual machine

3. Pada saat muncul jendela Ubuntu, klik Install Ubuntu

4. Kemudian anda akan mendapat pilihan untuk mendownload third-party software, tetapi untuk dapat melakukannya anda harus terhubung pada internet. Klik Forward.

5.  Pilih Erase and use the entire disk, untuk memformat dan menggunakan seluruh harddisk, atau pilih Specify partitions manually (advance), untuk menentukan sendiri partisi yang akan digunakan. Sebaiknya untuk pemula pilihlah opsi pertama.

6. Kemudian klik Install Now

7. Kemudian pilih dimana lokasi anda

8. Pada setting Keyboard Layout, lebih baik kita mengikuti default USA, dan klik Forward

9. Setelah itu, kita akan memasuki jendela untuk setting Username dan password agar aman. Usahakan isi dengan baik dan mudah dihafal.

10. Maka proses instalasi dimulai, tunggu beberapa menit sampai selesai. Setelah selesai klik Restart now

11. Setelah merestart maka proses penginstallan selesai, dan inilah gambar desktop dari Ubuntu 10.10 :


Untuk Linux / Unix versi lainnya instalasi VMware sama.

Referensi:
Wikipedia.or.id
haikal-a.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top