-->
Oleh : Ihsan Fauzi Rahman

Buka puasa tidak hanya suatu sunnah Rasul saja melainkan sudah menjadi adat istiadat atau kebiasaan umat muslim terutama di Indonesia. Dengan beragamnya kuliner di Indonesia maka sajian untuk berbuka puasa pun gak begitu susah. Kita bisa nyesuain selera kita karena banyaknya pilihan menu untuk berbuka. Dari beberapa pilihan tersebut ada menu yang enak dan menyehatkan bahkan ada juga menu makanan yang kurang menyehatkan. Agar kita bisa dapat menu makanan yang enak sekaligus tidak memberikan resiko buruk bagi kesehatan. Ikuti resep buka puasa ala ichan. ^_^
#Makanan:
1. Kolak labu.
Kolak labu merupakan salah sajian favorit saya untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis begitu akrab dilidah terutama saat berbuka serta tekstur labu yang empuk namun padat cukup untuk mengganjal perut yang terasa lapar setelah sehari penuh ditahan. Kolak labu sendiri bisa dicampur dengan beberapa kolak lain seperti candil, atau pisang karena sajiannya yang hampir mirip. Saya sendiri hanya bisa nemuin kolak labu saat bulan puasa aja, selain bulan itu jarang bahkan gak nemuin pedagang yang jual kolak labu atau kalau bikin pun labu nya jarang ada di pasaran.
Ternyata tak hanya enak tapi juga sehat. Kadar gula yang cukup pada kuahnya serta karbohidrat dan vitamin pada buah labunya mampu memberikan kita energi yang tentunya sangat berguna buat tarawih. Hehe. Selain itu bentuknya yang padat bikin kita kenyang bahkan untuk saya biasanya cukup makan kolak labu tanpa makan nasi sudah bisa mengenyangkan perut. Jadi saat tarawih gak begitu ngantuk akibat kekenyangan makan nasi.


2. Agar-agar / puding
Nah.. selain kolak, agar-agar menjadi pilihan favorit juga. Kalo saya lagi pengen yang seger-seger ya tentu ini jadi pilihan pertama. Agar-agar atau puding biasanya disajikan dingin agar menambah kesegaran saat memakannya. Selain itu agar-agar atau puding juga mampu menunda rasa lapar karena seratnya. Tapi baiknya agar-agar atau puding tidak disajikan terlalu dingin misal dengan menambahkan es batu karena tidak baik untuk sajian pertama ketika berbuka puasa dengan yang dingin seperti es. Dampaknya buruk bagi perut bahkan lidah. Jadi baiknya disajikan dengan tanpa es atau tidak terlalu dingin.
Ini juga tak kalah sehatnya loh, karena kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya sangat baik bagi kesehatan terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan agar tubuh bisa tetap fit ketika berpuasa.



#Minuman
1. Teh manis hangat
Kebanyakan orang lebih suka minum yang dingin-dingin seperti es teh manis. Nah minuman yang terlalu dingin sebenarnya tidak bagus untuk perut bahkan gigi. Jadi alternatifnya saya lebih suka "es teh manis hangat". etss. Maksudnya "teh manis hangat". Teh manis hangat juga bisa menggantikan menu berbuka jika kita gak dapet makanan berbuka untuk kolak. Menu ini sangat cocok buat para mahasiswa yang lagi krisis keuangan untuk membeli kolak. (pengalaman pribadi.. hehe).



2. Air putih
Air putih harusnya minuman yang wajib karena selama berpuasa kita menahan dahaga dan otomatis cairan dalam tubuh juga memerlukan kandungan mineral yang terdapat pada air putih. Air putih sangat disarankan jika sudah dapat menu makanan seperti yang dibahas diatas, kolak atau agar-agar. Karena kandungan gula dan karbohidrat sudah didapat dari makanan jadi baiknya minumannya gak usah yang manis lagi air putih aja cukup. Jadi bisa seimbang antara vitamin dan kandungan karbohidrat dengan mineral yang didapat dari air putih. Insyaallah tarawih jadi seger. ^_^


Menu-menu diatas sebenarnya udah hal yang biasa yang disajikan ketika berbuka. Namun saat memilih menu makanan untuk berbuka kadang kita gak peduli sama resiko negatif pada kesehatan dan keuangan (hemat, beb :D). Menu diatas adalah pilihan sekaligus favorit saya dalam berbuka. Dengan Menu-menu diatas juga saya kadang sudah cukup kenyang dan tanpa makan lagi nasi yang banyak untuk mengenyangkan perut. Bahkan kalo nasi mudah bikin kita kekenyangan dan imbasnya lemes atau ngantuk saat mau tarawih. betul gak? (betuuuuul).

2 comments:

  1. menunya emang sederhana tapi kalo dimakan sambil kumpul2 ma keluarga rasanya pasti lebih enak :)
    Buat kamu-kamu yang punya web tentang kuliner, bisa tips kuliner, tokoh kuliner atau web apapun yang berbau kuliner :d Yuk ikutan Kuliner Hop.

    BalasHapus
  2. @Kuliner : hehe.. iya nih emang sederhana.. cuman sharing dikit aja.. memeriahkan ramadhan..

    BalasHapus

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top