-->
Oleh: Ihsan Fauzi Rahman
Indonesia kayak akan musisi dan seniman. Sehingga jenis musiknyapun sangat bervariasi, dari mulai jazz, rock, pop, hiphop, dangdut dan sebagainya. Menurut saya masalah seni dan budaya sebenernya Indonesia sudah juara.
Para musisi yang ada sering kali membuat sebuah karya atau lagu yang dikaitkan dengan momen tertentu. Mungkin karena selain agar laku terjual juga agar mudah dinikmati dan lebih aktual lirik-liriknya. (berita kali.. hhe). Ramadhan merupakan salah satu momen yang sering digunakan para musisi terkenal di Indonesia untuk membuat lagu yang bertemakan Ramadhan. Mungkin lebih akrab dikenal dengan "album religi" atau "single religi".
Kita bisa lihat beberapa band ngetop papan atas yang berlomba-lomba melaunching album atau single religi mereka. Yang semula lagu-lagunya bertemakan cinta kini lebih di spesifik lagi menjadi cinta kepada Allah. :). Alasannya mungkin mereka ingin mempertahankan eksistensinya di belantika musik atau mereka ingin menambah kesan Ramadhan dengan musik mereka.
Jujur saya juga (mungkin kamu juga) pernah mengidolakan lagu religi salah satu band. Saya sebut saja ungu. Bahkan ada beberapa lagunya yang mampu menjadikan kita teringat suasana Ramadhan. Itu karena lagu-lagu itu sangat sering di putar di tv selama ramadhan. Jadi secara tidak sengaja lagu suasana Ramadhan menempel pada lagu tersebut.
Dari jaman ke jaman seiring bermunculan band-band baru semakin bervariasi juga lagu-lagu religi yang muncul. Ini hal yang sangat positif karena mampu meramaikan suasana Ramadhan sekaligus memberikan hiburan selama ramadhan dengan tema-tema yang islami. Jadi bagi pencinta musik indonesia akan merasakan Ramadhan yang penuh warna.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top