-->
BAB I
RINGKASAN EKSEKUTIF

Perusahaan yang akan dibentuk adalah suatu perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang penjualan pulsa untuk semua operator seluler. Dengan meningkatkan kualitas dan reputasi perusahaan maka diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan serta agen-agen yang bekerja di bawah kita.
Produk yang ditawarkan kepada pelanggan adalah pengisian pulsa elektronik semua operator serta menyediakan deposit saldo bagi pelanggan yang ingin menjadi agen isi pulsa (retailer). Produk unggulannya yaitu memberikan laporan transaksi yang rinci dan terbuka kepada agen kita melalui web report sehinggan agen bisa melakukan pengelolaan serta penghitungan laba-rugi sendiri.
Sasaran umumnya bagi seluruh masyarakat pengguna telepon seluler sasaran khususnya yaitu bagi siapa saja yang ingin menjadi agen penjual pulsa dengan ponsel pribadi.
Pemasaran meliputi personal atau warung-warung biasa yang ingin membuka usaha jual pulsa terutama untuk keluarga, kerabat sehingga penjualan pulsa tidak mengharuskan untuk membuka konter atau kios pulsa. Asumsinya minimal dalam satu keluarga itu memiliki satu orang anggota keluarga penjual pulsa untuk saudara atau kerabat-kerabatnya dengan tetap memperhitungkan nilai profit dari penjualan. Strategi pemasaran yaitu dengan menawarkan dari orang ke orang dimulai dengan orang terdekat, membuat iklan melalui media internet maupun brosur atau pamflet.
Persaingan di pasaran memang cukup banyak tetapi kebutuhan orang terhadap pulsa operator seluler masih cukup tinggi sehingga peluang sukses di bidang ini juga tinggi. Banyak penjual pulsa (server atau agen) yang menawarkan produk yang sama tetapi banyak pelanggan yang akhirnya tidak puas dan berpindah ke yang lain. Maka dari itu kepuasan dan kepercayaan menjadi prioritas utama disini. Agar perusahaan mampu berkembang dan mencapai target dengan cepat.
Target yang akan dicapai yaitu menciptakan jaringan agen pulsa yang tersebar serta kepercayaan dan kepuasan pelanggan sehingga mendatangkan profit yang tinggi. Jika pelanggan atau agen-agen kita merasa cukup puas dengan barang dan jasa yang diterimanya maka minimal mereka akan bertahan untuk menjadi rekan bisnis dan tidak berpindah ke yang lain. Selain itu peluang untuk bertambahnya agen juga terbuka.
Pengembangan diawali dari menjadi agen pulsa perusahaan lain lalu menawarkan pelanggan untuk menjadi sub agen pulsa kita setelah mencapai target yaitu minimalnya 50 orang serta keuntungan yang didapat cukup signifikan maka kita membuat server pulsa sendiri dengan anggota agen yang tetap ditambah agen-agen baru.
Karena bentuk usaha perseorangan yaitu dimiliki oleh seorang, pengelolaan keuangan dipegang oleh pemilik dengan bantuan karyawan. Sedangkan agen-agen mengelola keuangan-nya sendiri. Perusahaan hanya memberikan jasa pengisian pulsa, deposit, serta memberikan laporan transaksi.
Jumlah modal minimum yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah sebesar Rp. 20.000.000. Ini meliputi pembukaan saldo pulsa awal untuk dijual dan deposit agen, membuka kios pulsa termasuk sewa tempat, menyediakan perlengkapan dan gaji karyawan 2 bulan pertama dan sebagainya.


BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN

  1. Identitas Perusahaan
Nama : i-Pulsa
Lokasi : Kp.Pasar no.13 Desa Mekarmukti Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat (085620048748)
Pemilik : Ihsan Fauzi Rahman
Bentuk perusahaan : Perseorangan

  1. Visi dan Misi
Visi :
Membangun jaringan rekan-rekan pebisnis pulsa yang berorientasi pelayanan dan kepercayaan konsumen sebagai proritas utama dalam berbisnis.
Misi :
  • Membangun serta mengembangkan agen pulsa.
  • Menciptakan kepercayaan dan kepuasan konsumen.
  • Mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi agen pulsa..
  • Meningkatkan omzet tiap bulan.
  • Mengembangkan bentuk perusahaan dari perseorangan menjadi Firma atau CV.
  • Meningkatkan serta mempertahankan reputasi perusahaan.

  1. Gambaran Produk
Produk yang ditawarkan adalah pulsa elektronik untuk konsumen serta deposit dan laporan transaksi untuk agen penjual (retailer).

  1. Perkembangan Saat Ini
Pada 17 September 2010 perusahaan yang bermodalkan Rp.300.000,- rupiah mampu melakukan penjualan pulsa untuk keluarga dan konsumen lain. sebulan kemudian omzet bertambah menjadi Rp.883.000,-. Lalu modal di tambah Rp.500.000 untuk modal deposit agen yang akan bergabung. Awal bulan november hingga akhir dapat 2 orang agen pulsa dengan deposit awal masing-masing Rp.100.000,- dan agen yang pertama mampu meningkatkan omzet hingga Rp.400.000,- pada bulan itu.
Sekarang pertengahan Desember setelah melakukan penambahan modal secara bertahap, omzet penjualan pulsa mencapai Rp.4.500.000,- agen yang telah gabung ada 3 orang dengan omzet masing-masing yaitu: Agen-1 = Rp. 1.100.000, Agen-2 = Rp.200.000,- dan Agen-3 = Rp.200.000,-. Keuntungan kotor yang didapat selama kurang lebih 2 bulan adalah Rp. 303.140,-.

  1. Status Hukum dan Kepemilikan
Untuk saat ini belum ada status hukum yang mengikat karena modal dan omzet masih di bawah target. Selain itu status kepemilikan perseorangan dan perusahaan masih dalam tahap kelahiran karena bergerak dari nol dan baru berjalan 2 bulan lebih.


BAB III
GAMBARAN PRODUK
  1. Produk
Produk yang ditawarkan kepada konsumen ada 3 produk utama yaitu:
  1. Pulsa elektronik semua operator seluler.
Pulsa yang sering digunakan oleh seluruh pengguna operator seluler untuk menjalankan layanan SMS, Telepon dan Data. Pulsa juga sudah menjadi kebutuhan primer.
  1. Membuka pendaftaran agen dan menyediakan deposit pulsa bagi agen atau retailer.
Agen yang akan bermitra bisnis dengan perusahaan menyimpan uang (deposit) di perusahaan sebagai modal saldo untuk pengisian pulsa elektronik kepada konsumen pulsa. Pembagian keuntungan ditentukan oleh perusahaan dengan keuntungan terbesar akan didapatkan oleh agen. Karena perusahaan hanya sebagai bank saldo sedangkan agen adalah penjual produk.
  1. Memberikan laporan transaksi bagi agen.
Perusahaan akan memberikan laporan transaksi secara rinci kepada agen agar agen bisa mengelola keuangannya secara mandiri. Laporan yang rinci dan terbuka juga merupakan upaya meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terutama agen dalam bermitra.

  1. Keunikan Produk
  • Konsumen tetap yang dipercaya oleh penjual boleh melakukan kredit dengan nominal pulsa maksimal 10 ribu dengan harga tetap.
  • Jika transaksi gagal maka uang 100% kembali.
  • Laporan bisa berupa hard copy dan soft copy melalui internet.
  • Tidak memerlukan kios pulsa untuk menjual pulsa karena bisnis ini bekerja dengan man to man.
  • Kepercayaan akan cepat dibangun karena target pemasaran orang-orang terdekat yang sudah saling kenal.
  • Keuntungan terbesar diberikan kepada agen penjual.

  1. Analisis Produk Pesaing
  • Produk sejenis yang lain menjual dengan berorientasi keuntungan semata tanpa mempertimbangkan sisi psikologis konsumen. Sedangkan perusahaan ini berasumsi bahwa kepuasan serta kepercayaan pelanggan prioritas utama sehingga konsumen tetap setia dan berkembang dengan mudah. Sehingga keuntungan sedikit yang didapat dari banyak konsumen akan sebanding bahkan lebih tinggi keuntungannya daripada keuntungan besar yang didapat dari sedikit konsumen.
  • Produk sejenis yang lain menjual pulsa dan menyediakan deposit dengan waktu terbatas sesuai dengan jam buka kios sedangkan perusahaan ini bekerja hampir 24 jam / 7 hari karena kerja tidak tergantung di kios pulsa.
  • Laporan transaksi hanya dilakukan dengan print-out sedangkan perusahaan ini memberikan laporan transaksi dengan print-out atau via internet lengkap dengan harga dan keuntungan yang didapat.
  • Deposit di perusahaan lain ada yang terbatas waktu saldonya sedangkan di perusahaan ini saldo agen tidak terbatas waktu kadaluarsa dan berlaku selamanya.
  • Deposit atau saldo agen di perusahaan lain tidak bisa ditarik dan di uangkan sedangkan di perusahaan ini deposit atau saldo agen bisa di uangkan.


BAB IV
ANALISIS PASAR

  1. Analisis Industri
Perusahaan lain yang sejenis selalu mengawali bisnis nya dengan modal yang cukup besar sehingga laju perkembangan perusahaan tidak benar-benar dirasakan. Beda halnya perusahaan ini yang diawali dengan modal yang sangat minim dengan aset seadanya hanya sebuah telepon genggam tanpa kios tetapi mampu bergerak konsisten dan meningkatkan omzet dalam waktu dua bulan terakhir. Dengan ini pemegang perusahaan bisa lebih tahu dan mengenal laju perkembangan perusahaan. Ini bisa dijadikan acuan untuk perkembangan perusahaan berikutnya.
Pesaing tidak dijadikan lawan bisnis dan tidak dijadikan sebagai ancaman tetapi dijadikan ukuran atau pemicu perusahaan untuk menjadi lebih baik dari pesaing. Dan perusahaan ini selalu bergerak di lingkungan dengan persaingan yang cukup tinggi.
Peluang usaha untuk jangka panjang adalah setelah perusahaan ini mampu membangun sebuah jaringan agen pulsa dengan minimal 50 orang maka besar kemungkinan perusahaan ini untuk mengembangkan diri dengan memiliki server dan sistem sendiri yang siap bersaing lebih lanjut dan menghasilkan produk-produk baru yang bisa diunggulkan.

  1. Target Pasar
Target utama pasar adalah personal yaitu orang yang memiliki kebutuhan terhadap pulsa yang cukup tinggi serta keinginan untuk membuka usaha sampingan tanpa menyita waktu serta tempat karena pengisian pulsa cukup dengan mengirim sms dari ponsel pribadi.
Cakupan masih terbatas karena visi nya membangun kepercayaan jadi dimulai dari orang-orang yang dipercaya seperti keluarga, kerabat, teman sebagai konsumen maupun sebagai agen. Dengan bergerak man to man perusahaan akan berkembang secara bertahap dan mantap. Dengan prinsip pemasaran satu keluarga satu agen pulsa maka jaringan akan terbangun secara kekeluargaan.

  1. Kondisi Persaingan
Pesaing dengan usaha yang sejenis biasanya menawarkan produk dan jasanya kepada siapa saja dengan tujuan menambah agen dan meningkatkan keuntungan semata. Pesaing mengeluarkan modal yang cukup besar di awal sehingga akan lemah dalam mempelajari laju perkembangan perusahaan karena diawali dengan modal besar yang sebenarnya akan cukup dengan modal kecil kurang dari 1 juta rupiah untuk memulai usaha ini. Sehingga perusahaan tersebut tidak banyak belajar dari perkembangan perusahaan dan akan berbeda dengan usaha yang dimulai dari nol.
Keuntungan yang jadi prioritas utama dibanding kepercayaan dan kepuasan konsumen merupakan suatu kelemahan menurut perusahaan kami karena membangun jaringan dibutuhkan rasa saling percaya dan kekeluargaan. Sehingga target akan dicapai bersama dan mampu bergerak secara konsisten karena rekan yang sudah bergabung tidak beresiko untuk berpindah ke perusahaan lain karena kepercayaan.


BAB V
RENCANA DAN STRATEGI PEMASARAN

  1. Target Pemasaran :
  • Keluarga : kakak, adik, orang tua, saudara sepupu, paman, bibi.
  • Teman : teman kelas, tetangga atau sahabat dekat.
  1. Marketing mix strategy
  1. Produk (Product)
Produk yang ditawarkan yaitu pulsa elektronik semua operator selular serta melayani agen pulsa yang berminat untuk membuka usaha penjualan pulsa.
  1. Tempat (Place)
Perusahaan tidak terbatas oleh tempat. Transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama. Tetapi untuk alamat perusahaan ditetapkan di sebuah tempat yang di cantumkan pada Bab II.
Transaksi pulsa 24 jam / 7 hari (nonstop) dengan sms gateway lebih dari 8 nomor. Transaksi untuk deposit pulsa bagi agen bisa dilakukan cash (bayar di tempat) atau transfer via bank dengan rekening bank ternama seperti BRI, Mandiri, BNI atau BCA.
  1. Harga (Price)
Harga yang ditawarkan cenderung stabil artinya tidak terlalu sering mengalami perubahan harga.
HARGA ASLI PULSA GSM

HARGA ASLI PULSA CDMA
AS


three


flexi


fren
A5
5.350


T1
1.100


F5
5.075


FR10
9.850
A10
10.200


T2
2.050


F10
9.850


FR20
19.375
A15
16.000


T3
3.050


F20
19.400


FR25
24.275
A20
19.950


T4
4.050


F50
46.950


FR50
48.225
A25
25.350


T5
5.050


F100
93.700


FR100
96.200
A50
49.700


T6
6.100


esia


hepi
A100
98.200


T7
7.000


E1
1.250


H5
5.000
SIMPATI


T8
8.000


E3
3.250


H10
9.850
S5
5.350


T9
9.100


E5
5.300


H20
19.375
S10
10.200


T10
10.050


E7
7.350


H25
24.275
S15
16.000


T15
15.000


E10
10.350


H50
48.225
S20
19.950


T20
19.650


E11
11.300


H100
96.200
S25
25.350


T25
24.200


E12
12.450


ceria
S50
49.700


T30
29.250


E15
15.550


C5
5.050
S100
98.200


T50
48.300


E17
17.450


C10
9.850
S150
140.150


T100
97.200


E20
20.500


C20
19.550
xl


axis


E25
24.700


C50
49.100
X5
5.325


AX1
1.100


E50
48.500


C100
98.200
X10
10.325


AX2
2.200


E100
95.700






X25
25.050


AX3
3.200


smart






XX50
50.200


AX4
4.050


Y1
1.250






X50X
50.200


AX5
5.050


Y2
2.200






X50
50.200


AX6
6.100


Y3
3.200






XX100
100.200


AX7
7.000


Y4
4.200






X100X
100.200


AX8
8.000


Y5
5.100






X100
100.200


AX9
8.900


Y6
6.100






im3


AX10
10.050


Y7
7.100






I5R
5.175


AX15
15.050


Y8
8.000






IR5
5.175


AX20
20.050


Y9
9.000






I5G
5.250


AX25
25.050


Y10
9.950






IG5
5.250


AX30
28.200


Y15
14.450






I5S
5.250


AX50
49.600


Y20
19.700






IS5
5.250


AX100
99.200


Y25
23.450






IS8
8.275








Y30
29.200






I8S
8.275








Y50
48.950






I10
10.150








Y100
92.650






I20
19.900








star one






I25
24.550








O5
5.175






I30
29.550








O10
10.175






I50
48.750








O20
19.900






I100
95.700








O25
24.550






mentari








O50
48.700






M5
5.175








O100
95.600






M5S
5.250


















M5G
5.250


















M8S
8.275


















M10
10.175


















M20
19.900


















M25
24.550


















M50
48.700


















M100
95.600


















11 comments:

  1. Thanks ya mas, jelas penjelasan nya. izin share di blog ane ya.
    http://pratama1992.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Simply click on the program that you want to watch and go directly to the channel
    it's playing on. Blip - TV: Distributes 48,000 independently-produced Web shows. However, Play - On does allow developers to make custom channels that you can load onto your server.

    My web site :: roku

    BalasHapus
  3. Another fact which a lot of people are interested in is the battery.
    Make a list of your requirements, and then choose the right model for yourself.
    But there are only a few that put out top quality cameras.


    My web-site ... canon eos 6d

    BalasHapus
  4. The WI-FI enabled chromebooks, by Acer will come somewhere around $350.
    5 hour battery life you aren't going to find anything that lasts longer on one charge and is still able to offer a full range of applications and net connectivity. With built-in Adobe Flash support and a great browser, my children have complete access to their documents, calendars, email, and entertainment.

    Here is my blog - samsung chromebook

    BalasHapus
  5. However, all of the digital products including Samsung Galaxy Tab as well, which use memory card to store your data or files, such
    as videos, images or audio files, so human operation would
    make data lost on galaxy tab accidently.

    The Nexus S, however, has flash while some variants, such as
    the Samsung Vibrant and Captivate, of the Samsung Galaxy S
    do not. Business travel become less an adventure and more an experience, this a 7 inch tablet which you
    can take it anywhere with you.

    BalasHapus
  6. However it is not so with the new samsung galaxy note 2.
    At the beginning of this month, Samsung report this October will released Galaxy Note 2, it will adopt 5.
    The Nexus S is unfortunately limited to 16GB of internal storage.

    BalasHapus
  7. Apple currently offers two sizes of Mac - Book Air notebook, respectively 11.

    The latest offering in the Air series is the 11 and 13 inch laptops.
    how to put videos on ipad, how to convert
    dvd to ipad, dvd to ipad converter, Convert MKV to i - Pad.



    Check out my web blog - macbook air

    BalasHapus
  8. Apple currently offers two sizes of Mac - Book Air notebook,
    respectively 11. The latest offering in the Air series is the 11 and 13 inch laptops.

    how to put videos on ipad, how to convert dvd
    to ipad, dvd to ipad converter, Convert MKV to i - Pad.


    my website macbook air

    BalasHapus
  9. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus

  10. What's Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It absolutely helpful and it has aided me out loads. I hope to give a contribution & assist different users like its helped me. Good job. capitalone com login

    BalasHapus
  11. Terima kasih untuk informasinya, jangan lupa mampir juga di website kami:
    Server Pulsa Murah
    Kami menjual stok pulsa H2H untuk server & Open Master Dealer.

    Gabung saja ke Channel Telegram kami:
    @trenttronik

    Produk Trent Tronik
    Pulsa Elektrik Murah
    Token PLN Murah
    Paket Data Murah
    Cara Jadi Agen Pulsa
    Cara Deposit Otomatis
    Jasa Buat Server Pulsa
    CS Pulsa Murah

    BalasHapus

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top