Mungkin anda pernah menjumpai laptop yang anda gunakan indikator baterainya tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Misalnya: Batre tidak terisi penuh 100%. Coba cara ini bagi anda pengguna laptop / Notebook / Netbook.
Hal ini bisa terjadi pada semua laptop karena seringnya proses pengisian dan pengosongan baterai sehingga sensor yang ada di baterai menjadi kurang akurat.

Apa kalau sudah demikian berarti baterai sudah rusak?
Jawabnya bisa ya dan bisa tidak.

Sebelum anda mengambil keputusan untuk mengganti baterai ada baiknya anda mencoba untuk mengkalibrasi baterai terlebih dahulu, siapa tau baterei anda masih bisa tertolong. Cara kalibrasinya sebagai berikut
1. Masuk ke Control Panel dan klik Power Option

 2. Klik tab Hibernate
 contreng Enable hibernation dan pastikan disk space anda mencukupi untuk proses hibernasi.
3. Klik tab Alarms
set Critical battery alarm ke 3%.
Jangan set ke 0% karena kalau baterai habis total hingga 0% baterai akan menjadi "stress" dan mempercepat kerusakan baterai.
Kemudian klik Alarm Action dan set ke Hibernate.
Jika di sini pilihan Hibernate tidak ada mungkin karena anda baru pertama kali mengenable hibernate (point 2 di atas), anda harus menutup Power Option (simpan setelen terlebih dulu) kemudian buka lagi. Jika pilihan Hibernate masih juga belum muncul maka anda mungkin harus merestart laptop anda terlebih dulu.
4. Operasikan laptop dan biarkan baterai melakukan pengosongan hingga melakukan hibernasi.
5. Begitu laptop masuk dalam proses hibernasi, biarkan laptop, jangan melakukan apapun terhadap laptop dan jangan mencolokkan adaptor sampai 5 jam atau lebih.
6. Setelah 5 jam anda baru boleh mencolokkan adaptor.
Biarkan mengisi sampai 100% secara nonstop.
7. Anda harus melakukan proses kalibrasi ini setiap 30 siklus pengisian

Supaya anda gak report menghitung atau mengingat-ingat sudah berapa kali anda mengisi baterai, anda perlu menginstall battery care yang bisa anda download "DISINI(KLIK)"
Tampilannya seperti ini:
 dan setelah 30 siklus pengisian seperti ini
 dan setelah melakukan kalibrasi anda harus klik "I already did the full discharge" supaya penghitungan siklusnya dimulai dari 0 lagi.

***
Selamat Mencoba..!!
Sumber: http://blog.de-wa.da.ru/2010/02/kalibrasi-baterai-laptop.html

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top