-->
EFEK GITAR DALAM LAPTOP / PC. COOL…!
Sekarang ini banyak sekali pencinta music yang tidak hanya suka tetapi bisa memainkan alat music seperti gitar, keyboard, drum, bass dll. Tetapi yang paling banyak diminati yaitu gitar. Karena selain lebih mudah mendapatkannya, harganya terjangkau juga lebih mudah memainkannya dari pada keyboard atau drum. Mereka yang ber-budget minim biasanya membeli alat music dengan harga murah, sehingga mungkin kualitasnya tidak sebagus alat music dengan harga mahal seperti gitar akustik yang harga paling murahnya berkisar 200-300rb rupiah beda dengan gitar elektrik yang harga paling murahnya berkisar 600rb-1juta rupiah.

Bagi anda-anda yang hanya memiliki gitar akustik baik tingkat pemula atau pun yang sudah mahir memainkannya dan ingin gitar akustiknya seperti gitar elektrik ada kabar bagus di blog ini. Disini saya akan berbagi pengalaman tentang saya dan gitar butut saya.
Suatu saat saya mulai bosan dengan gitar akustik saya lalu saya berfikir bahwa sepertinya ada software efek gitar yang khusus untuk computer. Lalu saya browsing di Internet, ternyata emang ada bahkan beragam nama softwarenya. Ada Ultrawave Guitar Multi Effect, Guitar Fx Box, Guitar rig dsb. Akhirnya saya mendownload ketiganya.
Disini saya akan memberikannya kepada anda:
**Ultrawave Guitar Multi Effect: “download”
**Guitar Rig: “download”
**Guitar Fx Box: “download”
Untuk memberikan efek suara gitar akustik dengan menggunakan software tersebut saya melakukan langkah berikut:
1. Install
Install-kan software efek gitar tersebut kedalam computer anda. Jika software tersebut hanya trial atau demo version sehingga waktu aktifnya dibatas, silahkan cari sendiri crack dan serial nya. Disini hanya ada satu software yang sudah dicrack yaitu Guitar Fx Box 2.6.
2. Mengecek Gitar
Cek gitar anda apakah masih bisa digunakan. Senar lengkap, suara tidak false. Anda bisa menggunakan gitar akustik (bolong), gitar semi-elektrik (ber-pickup) atau gitar elektrik.
3. Membeli Pick-up gitar (Sepul)
Jika gitar anda tidak ada pick-up (sepul) anda wajib memilikinya. Boleh beli, pinjam atau minta asalkan jangan nyuri aja. Tetapi jika gitar anda sudah terdapat pick-up (semi-elektrik dan elektrik) anda tidak usah memiliki pick up lagi.
Saya membeli pick-up yang murah (30rb rupiah) yang bisa dipasang dan dilepas (tidak permanen).
4. Memasang pick-up ke gitar dan menghubungkan jack pick-up dengan computer.
Setelah gitar akustik bolong dipasang pick-up (sepul) hubungkan kabel jack pick-up tersebut dengan computer ke lubang untuk mic. Karena cenderung computer memiliki lubang untuk jack berukuran kecil sedangkan kabel pick-up memiliki jack yang berukuran besar maka diperlukan sambungan jack yang merubah jack besar jadi jack yang sesuai dengan lubang mic pada computer.
5. Men-Setting Audio di computer
Pengesetan dilakukan dengan software driver audio yang anda miliki. Set audio input ke dalam input mic. Dan Output dihubungkan dengan speker. Cek suara. Jika speker computer mengeluarkan suara gitar berarti pick-up sudah bekerja dengan baik. Tetapi jika tidak, jangan khawatir ada computer yang memang tidak mengeluarkan bunyi saat di hubungkan ke computer tetapi keluar bunyi saat software di jalankan.
6. Menjalankan software
Jalankan software yang sudah ter-install. Sesuaikan settingan software dengan audio (driver) yang computer miliki.
Selamat mencoba!
Silahkan tinggalkan saran, kritik atau pesan. Trims!

10 comments:

  1. donglod dlo nyokkzz,,thunk you..

    BalasHapus
  2. wah pokoknya keren deh,,, gitar bolong jelek ku jadi bisa teriak distorsi+phraser,,,,!!!

    BalasHapus
  3. thx berat...

    BalasHapus
  4. Harga harga spul gitar untuk gitar bolong dimulai dari harga berapa mas dan kualitasnya.
    please reply to 08563794846
    thank'z

    BalasHapus
  5. kalo sambungannya itu bisa berupa apa ya??
    thx...

    BalasHapus
  6. gan..ada software yg bisa gantiin alat Efek guitar gak ?
    yg saya maksud bkn seperti agan,jadi ketika suara gitarnya di genjreng hasil bunyi distorsinya itu langsung keluar bersamaan.
    klo software diatas kan di genjreng dulu baru hasil efeknya keluar belakangan..

    kalau tau kabarin ane ya..

    BalasHapus
  7. @ Bill Romdon : Bang,, itu di setting dulu di menu setup,, Max. I/O delay. Kalo punya gw 40-50 ms. Coba deh di sesuaikan dulu,, ntar suara nya reltime kok.. ^_^

    BalasHapus
  8. @Bill: Emang itu kelemahannya.. kadang suara yg di keluarkan agak tlat.. ya walau cyman 0.sekian detik tapi pas dipake buat lagu tempo tinggi keras... coba sprti yg dlakukan mas mr brain.. spek komputer yg d pk jg brpengaruh...

    BalasHapus
  9. nyari kabel jack buat sambungin ke komputernya dimana yaa?

    BalasHapus

Silahkan Komentar, Kritik atau Saran.

 
Top